Thursday, November 29, 2012

Singkong Gajah


Pengembangan Bibit Singkong Gajah Skala Besar 


Bibit yang baik untuk ketela pohon (singkong) harus memenuhi persyaratan antara lain, singkong berasal dari tanaman induk yang cukup tua (10-12 bulan), singkong harus dengan pertumbuhannya yang normal dan sehat serta seragam, batangnya telah berkayu dan berdiameter + 2,5 cm lurus, dan belum tumbuh tunas-tunas baru.

Penggunaan teknologi kultur jaringan untuk pengadaan bibit singkong boleh dibilang belum ada, karena dianggap ’kurang komersil’ dan untuk pengadaan bibit tanaman singkong sangat mudah sekali yaitu melalui stek batang, sebagai stek dipilih batang yang bagian bawah sampai tengah. Namun apabila dibutuhkan bibit dalam jumlah yang sangat besar (sekala komersil) dan kontinyu penggunaan teknologi kultur jaringan akan sangat bermanfaat.

Koperasi Daun Singkong Borneo sedang melaksanakan program Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) yaitu proyek ’Pengembangan Klastering Industri Agro Singkong Terpadu’ memiliki lahan seluas 120 hektar yang sudah ditanami Singkong Gajah yang memiliki produktifitas 7 kg s/d 20 kg per pohon (100 s/d 200 ton per hektar).

2 comments:

  1. perusahaan mana nih yg mau menampung singkong tanaman kebun saya (jumlah banyak)

    085752013719
    ali_suharsono@ymail.com

    ReplyDelete
  2. minta alamat, email dan contak person koperasi daun borneo dong, sapa tau kapan2 nyasar ke kota bangun untuk liat kebunnya.thanks

    ReplyDelete